Kenali Jenis Kain Adem
Artikel

Kenali Jenis Kain Adem

Posted On Oktober 24, 2019 at 3:08 am by / No Comments

Kenali Jenis Kain AdemKENALI JENIS KAIN ADEM

Kain Adem – Dari banyaknya jenis bahan kain, motif, yang paling laku dipasaran adalah jenis kain yang sedikit adem jika dipakia. Terutama untuk membuat pakaian gamis syar’i atau rok. Tentunya orang memilih pakaian yang sesuai dengan selera dan jenis bahannya. Lalu jenis bahan apa saja yang cocok untuk membuat pakaian gamis?

  • Kain Jersey

Kain ini sangat bagus digunakan untuk membuat gamis syar’I karena kain jersey memiliki karakter yang tebal, elastis dan mudah jatuh. Sehingga sangat cocok digunakan untuk gamis syar’I karena bahannya yang tebal sehingga tidak mudah nerawang dan gamis syar’I yang menggunakan bahan ini jika dipakai akan terasa dingin sehingga anda tidak merasa gerah jika memakai gamis syar’I jenis bahan jersey ini.

  • Kain Wolpeach atau Wolfis

Kain wolpeach atau Wolfis ini sering disebut dengan kain arab karena jenis bahan ini merupakan salah satu bahan favorit untuk membuat gamis syar’i . Kain ini mempunyai sifat yang lembut sehingga sangat nyaman jika dipakai dan sangat cocok digunakan untuk membuat gamis syar’i. Bahan wolfis ini juga mempunyai karakter yang tebal, sehingga jika dipakai tidak akan terawang.

  • Kain Satin

Kain satin adalah jenis bahan kain sutra yang dibuat dari serat buatan polyeseter. Satin merupakan jenis kain yang terkenal dengan kilaunya atau yang lebih dikenal dengan kain mengkilap. Kain satin juga mempunyai tekstur yang licin dan ringan. Bahan ini memang sering digunakan untuk membuat gamis syar’I atau dress karena kain satin mampu memberikan kesan yang mewah, glamor dan elegan.

  • Kain Sutra Cina

Kain sutra cina merupakan kain yang dibuat dari bahan sutra yang ditenun secara sederhana. Sehingga kain sutra cina merupakan jenis kain memiliki sifat yang halus, lembut dan dingin sehingga gamis syar’I dengan bahan sutra ini memberikan efek yang sangat nyaman, namun sayangnya bahan sutra ini saat menyetrikanya harus ekstra hati-hati, karena bahan sutra bahan yang tidak tahan dengan panas setrika. Usahakan menyetrikanya dengan suhu panas yang strandar atau rendah.

  • Kain Sifon

Bahan sifon memiliki sifat yang lembut dan halus selain itu bahannya cenderung licin, namun saat dilipat bahan ini terlihat kaku dan bahan ini agak tipis. Bahan sifon sangat cocok digunakan untuk gamis syar’i karena memiliki kesan yang mewah dan menarik, karena motif dari kain sifon ini ada beragam-ragam.

  • Kain Katun

Katun merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kapas(alami) dan banyak digunakan sebagai pilihan bahan pakaian termasuk gamis syar’i ini. Kain katun juga memiliki banyak keunggulan diantaranya mudah menyerap keringat, kainnya dingin, tidak mudah kusut, warnya tidak mudah luntur, sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari dan harganya juga terjangkau.

  • Kain Jetblack

Kain jetblack merupakan jenis kain berkarakteristik ringan dan memiliki permukaan yang polos. Selain itu, bahan jetblack isi sifatnya sangat lembut, halus, dingin dan tidak transparan sehingga sangat cocok untuk dijadikan salah satu bahan pembuatan baju gamis syar’i. Dan untuk varian warnanya sesuai dengan namanya, jetblack hanya tersedia warna hitam saja.

  • Kain Shantung

Kain shantung merupakan nama lain dari kain rayon yang dikenal dengan memiliki sifat yang kaku namun cukup lembut, halus dan juga dingin. Bahan ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan batik cap dan batik printing, yang diimplementasikan kedalam bentuk bahan untuk baju gamis syar’i. Dan bahan ini juga sangat cocok digunakan untuk gamis karena hal ini tidak terlepas dari sifat kain shantung itu sendiri yang dingin dan lembut sehingga gamis syar’i cocok digunakan pada cuaca panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *