Cara Memadukan Warna Baju Atasan dan Bawahan
Artikel

Cara Memadukan Warna Baju Atasan dan Bawahan

Posted On Juli 1, 2019 at 4:10 am by / No Comments

Cara Memadukan Warna Baju Atasan dan BawahanCARA MEMADUKAN WARNA BAJU ATASAN DAN BAWAHAN

Grosir Atasan Jogja – Salah satu yang meningkatkan kepercayaan diri kita adalah baju yang pas kita pakai dalam sehari-hari. Namun tidak semua orang akan bisa menentukan pakaian yang pas tersebut. Pas dalam artian atasan dan bawahan yang cocok, yang berbeda, namun tetap stylish. Nah bagi Anda yang ingin tampil beda juga, Anda bisa perhatikan beberapa panduan memadukan baju atasan dan bawahannya.

Cara Mengkombinasikan Warna Baju Atasan dengan Bawahan

Kalau Kamu memilih pakaian dengan warna-warna netral, seperti putih, hitam ataupun coklat, maka Kamu tidak akan kesulitan menentukan warna pasangannya, karena warna-warna netral tersebut cocok dan bisa dipasangkan dengan warna apapun.

Tetapi, bagaimana jika warna-warna itu adalah ungu, kuning, hijau, biru ataupun merah? Warna pakaian apa yang akan Kamu pilih sebagai pasangannya (tentunya selain warna-warna netral di atas). Salah satu pendekatan yang banyak digunakan oleh para seleb ataupun para desainer dalam mengkombinasikan warna pakaian adalah pendekatan roda warna atau sering disebut color wheel.

Baca juga : Tips Memilih Ukuran Pakaian Ketika Belanja Online

Apa yang dimaksud dengan color wheel?

Color wheel adalah urutan warna dalam bentuk lingkaran (seperti bentuk roda) yang disusun sedemikian rupa sehingga terlihat seperti gambar berikut ini:

Lalu, bagaimana cara menentukan kombinasi warna pakaian dari gambar color wheel (roda warna) di atas? Berikut ini beberapa caranya:

    • Kombinasi warna yang bersebelahan.

      Kombinasi dari warna yang saling bersebelahan pada color wheel akan menciptakan efek harmoni yang baik.

      Lihat color wheel di atas, kita ambil contoh perpaduan warna ungu (violet) dengan warna biru-ungu (blue-violet). Kedua warna tersebut saling bersebelahan dan ternyata menghasilkan perpaduan yang terlihat sangat cocok dan pas.

      Sekarang, coba lihat gambar perpaduan warna ungu dengan biru-ungu berikut:

      Terlihat matching, kan? Hanya saja, perpaduan warna ini terasa kurang menantang. Jika Kamu ingin kombinasi warna yang lebih menantang, maka ikuti point-point selanjutnya ya.
  • Kombinasi warna-warna yang saling membentuk sudut 90 derajat pada color wheel.

    Cara menentukannya adalah antara warna yang satu dengan warna lain memiliki jarak dua lengan (membentuk sudut 90 derajat) pada color wheel. Contohnya adalah kombinasi warna ungu (violet) dengan warna biru-hijau (blue-green), untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:

    Contoh lainnya adalah baju yang berwarna kuning (yellow) cocok dipadukan dengan celana warna merah-oranye (Red-orange). Nah, perpaduan warna seperti ini akan terlihat lebih menantang dibandingkan dengan opsi pada point yang pertama tadi.

    Tak harus perpaduan atasan-bawahan, kamu juga bisa memadukan warna-warna tersebut untuk kombinasi baju dengan aksesoris seperti sepatu, tas, dan lain-lain.

  • Kombinasi pakaian dengan warna-warna yang saling berseberangan pada color wheel.

    Contohnya, perpaduan warna hijau (green) dengan warna merah (red). Contoh lain adalah perpaduan warna kuning dengan warna ungu. Untuk lebih jelasnya Kamu bisa lihat pada gambar berikut ini:

    Kombinasi warna yang seperti ini akan membuat Kamu terlihat mencolok, karena karakter dari warna yang dipadukan saling berlawanan.

    Nah, jika Kamu belum pernah mencoba kombinasi pakaian dengan warna seperti ini, maka tidak ada salahnya jika Kamu mulai mencobanya, karena hal itu akan membuat penampilan Kamu terlihat berbeda dibanding sebelumnya.

    Pilihlah satu warna yang Kamu suka, lalu pilih warna lain yang berseberangan dengan warna itu seperti yang ada dalam color wheel.

    Baca juga :Cara Tepat Menggunakan Pewangi Pakaian

    Di era tren fashion yang semakin berkembang seperti saat ini, padupadan atau mix and match warna itu tidak selalu memadupadankan warna-warna yang senada saja lho. Mereka yang berani memadupadankan warna busana dengan warna yang agak berseberangan juga tetap bisa terlihat menarik.

    Berikut ini contoh mereka yang mengaplikasikan perpaduan warna-warna yang saling berseberangan pada color wheel:

  • Kombinasi selanjutnya adalah dengan memadukan warna-warna yang ada pada color wheel sehingga kombinasinya membentuk huruf “T”.

    Untuk lebih jelasnya Kamu bisa lihat di gambar color wheel berikut ini:Dari contoh di atas terlihat bahwa kombinasi yang membentuk huruf “T” akan menghasilkan perpaduan dari 3 warna, berbeda dengan kombinasi sebelumnya yang hanya memadukan dua warna.

    Ketiga warna tersebut selain diaplikasikan pada atasan dan bawahan, juga diaplikasikan pada hal lain yang Kamu kenakan, misalnya rompi, sepatu, gelang, jilbab ataupun tas.

    Baca juga : Cara Tepat Menggunakan Pewangi Pakaian

    Berikut ini aplikasi dari padu padan ketiga warna pada color wheel yang membentuk huruf “T”

  • Kombinasi warna yang membentuk huruf “X”.

    Kombinasi pakaian dengan warna-warna yang membentuk huruf “X” pada color wheel akan menghasilkan perpaduan yang lebih kaya lagi, karena Kamu dapat memadukan sampai 4 warna.

    Ini berarti tidak hanya diaplikasikan pada atasan dan bawahan saja, namun juga bisa diaplikasikan pada tas, sepatu, syal, topi atau aksesoris yang Kamu kenakan. Pada gambar di bawah ini, sebagai contoh, Kamu bisa memadukan warna kuning-hijau, oranye, merah-ungu dan warna biru:

Nah, semoga artikel di atas dapat membantu Kamu dalam mengeksplor penampilan Kamu untuk mengenakan pakaian-pakaian yang lebih berwarna lagi.

So, tidak hanya tampilan berbeda yang Kamu perlihatkan, namun juga kesesuaian dalam mengkombinasikan warna pakaian yang Kamu kenakan. Selamat Berkreasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *