Artikel

Ini Dia Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Jaket, Rompi, Dan Sweater

Posted On April 26, 2019 at 2:54 am by / No Comments

Ini Dia Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Jaket, Rompi, Dan Sweater

Ini Dia Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Jaket, Rompi, Dan Sweater – Untuk membuat pakaian perlu mengetahui jenis bahan yang akan digunakan dan diinginkan. Masing – masing pakaian memiliki karakterisktik kain yang akan digunakan. Jenis – jenis bahan yang digunakan untuk membuat jaket, sweater, dan rompi tentunya menggunakan bahan yang tebal dan khusus. Berikut ini beberapa bahan yang digunakan untuk membuat sweater, rompi dan jaket.

Bahan untuk Jaket, Rompi dan Sweater

  1. Taslan

Kain taslan terkenal dengan bahan yang anti air.  Bahan taslan sangat kuat untuk menahan angin dan menahan angin ke tubuh sehingga sering digunakan sebagai rompi atau jaket untuk berkendara menggunakan motor. Walaupun kuat, bahan taslan ringan, tidak mudah kusut dan mudah dilipat.

  1. Despo

Kain despo merupakan jenis kain windbreaker (penahan angina), yaitu sejenis dengan kain parasut namun memiliki tekstur yang lebih halus. Baha ini mempunyai serat yang sangat kecil dan cenderung terasa licin. Bahan ini tidak mudah kusut

  1. Parasut

Kain parasut meruapan bahan yang dikenal sangat tipis dan relative kedap air. Sesuai dengan sifatnya yang anti air, kain ini sangat cocok digunakan pada musim hujan untuk melindungi diri dari siraman air. Bahan baku yang digunakan pada pembuatan kain parasut adalah polyester. Jenis bahan ini berasal dari serat sintesis yaitu serat fiber poly. Bahan ini tidak dapat menyerap keringat sehingga tidak cocok digunakan pada udara panas. Sangat mudah untuk dibersihkan, cepat kering dan tidak menimbulkan bau. Secara keseluruhan bahan parasut mengandung plastik, namun rata-rata bahan parasut dengan jenis yang berbeda mempunyai kualitas yang berbeda satu sama lain.

  1. Kanvas

Kain kanvas adalah sejenis bahan kain yang berserat tebal dan sangat kuat. Bahan ini juga digunakan untuk membuat lukisan. Kain kanvas digunakan untuk berbagai macam item, dari mulai tas, sepatu, jaket dan masih banyak lagi. Kain ini tergolong kuat dan kokoh walaupun terbuat dari kapas atau linen. Selain dari kapas atau linen, terdapat bahan kanvas sintetis seperti dari polyester yang dicampur dengan katun.

  1. Terry / Tray

Kain terry atau sering juga disebut sebagai kain baby terry merupakan jenis kain yang berasal dari cotton sehingga tekstur dari kain ini sangat halus. Kain baby terry cukup tebal namun halus. Tidak berbulu dan dalamnya lembut seperti selimut membuat bahan jenis ini sangat diminati untuk dibuat menjadi jaket. Bahan ini juga digunakan untuk sweater, jumper, atau blazer wanita. Kain ini memberikan rasa hangat dan berfungsi untuk menahan suhu tubuh seningga pemakaiannya akan tetap merasa hangat walau pada udara dingin.

  1. Fleece

Kain jenis fleece merupakan produk tektsil yang merupakan imitasi dari wol. Ciri khas dari bahan fleece adalah memiliki benang yang lebih ringan dan bercahaya (berwarna lebih cerah). Fleece cukup lembut untuk digunakan dan nyaman untuk dipakai. Fleece memiliki kelebihan sangat tidak panas, ringan dan halus. Selain sering digunakan sebagai bahan untuk sweater dan jaket, bahan fleece juga dapat digunakan untuk membuat celana training karena bahannya yang tidak panas sehingga saat digunakan, sirkulasi udara masih terjaga dengan baik.

  1. Diadora

Bahan diadora atau disebut juga DDR sering digunakan untuk pembuatan jaket sport atau jaket training pada berbagai olahraga. Bahan diadora mempunyai karakteristik di bagian luar terasa halus dan terlihat mengkilap (memantulkan cahaya) pada permukaan bahan, dan pada bagian dalam terasa halus, hangat namun tetap dapat menyerap keringat walaupun daya serapnya tidak setinggi kain katun. Bahan ini cukup terjangkau dan ekonomis.

  1. Adidas

Nama bahan adidas mengikuti seperti merk brand Adidas, dikarenakan bahan ini memiliki karakteristik yang sama dengan  bahan jaket mirip perusahaan Adidas. Bahan ini biasa digunakan untuk sweater, jaket, dan pakaian olahraga. Bahan ini memiliki ketebalan yang lebih dibandingkan dengan bahan untuk jaket sporty lainnya. Cukup elastis dan hangan ketika dipakai, mampu untuk menyerap keringat namaun daya serapnya rendah.

  1. Lotto

Bahan lotto memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan bahan diadora. Teksturnya halus, lembuh dan elastis namum memiliki tingkat ketebalan yang sama seperti bahan cotton.

  1. Kulit

Bahan kulit dapat digunakan untuk membuat jenis pakaian jaket atau vest. Kulit mempunyai berbagai varian dan jenis, ada kulit imitasi atau kulit binatang seperti kulit sapi. Biasanya industri jaket kulit menggunakan kulit sintetis dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kulit binatang. Untuk pembuatan jaket kulit kami mempunyai bahan kulit liberty atau kulit caleb.

Nikitacollection.com | Grosir Atasan Jogja | Gorsir Baju Murah | Distributor Baju Murah | Nikita Collection Grosir Baju Murah Jogja merupakan penyedia jasa penjualan pakaian atau fashion untuk wanita seperti gamis, tunik, dress, blouse, dll dengan harga relatif lebih murah tetapi tidak murahan. Minat Hubungi kami KLIK DISINI | WA : 0878-0838-8885 | Email : kartiwihardjo1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *