grosir atasan jogja
Artikel

Cara Merawat Baju Bordiran

Posted On April 9, 2019 at 8:53 am by / No Comments

grosir atasan jogjaCARA MERAWAT BAJU BORDIRAN

Grosir Atasan Jogja Baju bordiran biasanya terdapat pada kaos, kebaya, atau yang lainnya. Bordiran ini identik dengam benang yang dikait-kaitkan pada bahan sehingga membentuk suatu pola. Namun yang menjadi resiko adalah bordiran ini akan cepat rusak jika tidak diperhatikan dalam perawatannya. Untum itu, berikut adalah beberapa cara merawat baju bordiran yang perlu kamu ketahui.

Cara Merawat Bordiran Baju

Bordir biasa diterapkan untuk menambah motif pada beberapa jenis pakaian, misalnya kemeja atau jenis kaos tertentu. Bordir yang menempel dibaju terbuat dari sulaman benang-benang bordir sehingga perlu dijaga dengan baik supaya tidak mudah terurai. Pakaian dengan motif bordir perlu dirawat dengan baik supaya bordiran tetap awet. Perawatan tersebut mencakup ketika proses mencuci dan menyetrika supaya sulaman benang bordir tidak putus dan terurai. Berikut ini dijelaskan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk merawat baju dengan aksesoris bordir.

Cara Mencuci Baju Bordir

Pakaian atau baju dengan aksesoris bordir bisa dicuci dengan dua cara, yakni dry clean dan dicuci manual dengan tangan. Hindari mencuci baju bermotif bordir dengan mesin cuci karena bisa mempercepat kerusakan. Mencuci dengan sistem dry clean coco diterapkan pada kain bordir karena bisa meminimalisir kerusakan pada aksen bordir tersebut. Jika Anda ingin mencuci baju bordir dengan cara manual pastikan untuk memilih detergen yang mengandung bahan pelembut pakaian, misalnya silk detergen. Baju bermotif bordir sebaiknya dikucek dengan lembut dan perlahan pada bagian ketiak dan leher saja. Hindari mengucek pada bagian bordir karena bisa membuat sulaman benang bordir mudah terurai. Baju dengan motif bordir sebaiknya juga tidak diperas terlalu kencang agar tidak merusak motif bordir. Setelah dicuci, langsung jemur baju dengan motif bordir di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna baju tidak cepat pudar. Pilih tempat yang agak teduh untuk mengeringkan baju tersebut. Baju bermotif bordir yang tidak langsung dijemur saat cuci akan membuat permukaan baju tersebut mudah mengkerut.

Cara Menyetrika Baju Bordir

Setelah baju kering, Anda bisa menyetrika baju bermotif bordir dengan dua cara, yakni dengan setrika uap atau setrika konvesional. Saat menyetrika, usahakan untuk menyemprotkan cairan pelembut dahulu supaya permukaan baju bordir menjadi rata sehingga mudah untuk digosok. Hindari menyetrika pada bagian bordir karena bisa membuat sulaman bordir menjadi cepat rusak. Setelah itu, lipat baju yang sudah disetrika dengan rapi. Hindari melipat pada bagian bordir karena akan meninggalkan garis atau bekas yang sulit dihilangkan. Lipatan pada bagian bordir tersebut juga bisa mengurangi keindahan motif bordir pada pakaian Anda. Oleh karena itu, baju bermotif bordir sebaiknya dibungkus dengan plastik kemudian digantung dilemari pakaian.

Sebelum mencuci atau menyetrika baju bermotif bordir, ada baiknya Anda mengetahui jenis kain yang digunakan sebagai bahan untuk membuat baju. Kenali jenis dan sifat kain tersebut apakah mudah kusut atau tidak supaya bisa dipilih teknik perawatan yang tepat. Jika Anda ingin membuat motif bordir dengan sistem custom di konveksi usahakan untuk memilih kain bordir yang sesuai. Referensi mengenai jenis kain yang bisa dibordir bisa Anda baca di sini. Motif bordir pada baju bisa menambah kesan indah dan menarik sehingga perlu dirawat dengan baik. Baju motif bordir yang tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan bordir mudah terurai dan rusak sehingga tampilan baju menjadi kurang menarik.

Nikitacollection.com | Grosir Atasan Jogja | Gorsir Baju Murah | Distributor Baju Murah | Nikita Collection Grosir Baju Murah Jogja merupakan penyedia jasa penjualan pakaian atau fashion untuk wanita seperti gamis, tunik, dress, blouse, dll dengan harga relatif lebih murah tetapi tidak murahan. Minat Hubungi kami KLIK DISINI | WA : 0878-0838-8885 | Email : kartiwihardjo1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *