Artikel

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Wol

Posted On Maret 22, 2019 at 6:18 am by / No Comments

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Wol

Kelebihan Dan Kekurangan Kain Wol – Kain wol yang memiliki tekstur yang sedikit kasar daripada jenis kain yang lainnya. Jenis kain wol biasanya digunakan di tempat yang bercuaca dingin. Kain wol yang tebal akan membuat badan terasa hangat, sehingga jenis kain ini sering diproduksi di Eropa atau Negara yang memiliki cuaca dingin.

Kelebihan Dari Kain Wol

Selain bersifat hangat, kain wool juga memiliki kelebihan lain yang dapat Anda temukan dalam pembahasan di bawah ini.

1.  Kain Berkualitas Terbaik

Kain berbahan wol sangat terkenal di daerah Eropa, Amerika, dan Rusia. Terlebih ketika musim dingin telah tiba, mayoritas masyarakatnya pasti akan mengenakan pakaian berbahan wol untuk bisa bertahan hidup dari udara dingin. Kain wol juga tidak mudah dipalsukan, sehingga yang beredar di pasaran rata-rata memiliki tingkat kualitas yang baik dan bukan wol palsu.

2.   Ketahanan Terhadap Api

Kain berbahan wol memiliki kualitas terbaik bila terkait ketahanannya terhadap api. Hal ini karena serat wol mengandung kadar oksiden yang kecil sehingga ia tidak mudah terbakar. Tapi perlu diingat bahwa wol bukanlah anti api yang tidak bisa dibakar sama sekali. Dia tetap bisa terbakar. Hanya saja tidak semudah dan secepat kain-kain jenis lain.

3.  Daya Serap Air / Keringat

Sifat kain dari serat wol adalah sangat mudah untuk menyerap air / keringat. Karena itu, walaupun bahannya tebal, bila digunakan di bawah sinar matahari ia tetap dapat memberikan rasa sejuk di kulit. Penampilan Anda pun akan tetap menawan karena keringat di tubuh tidak akan mengganggu Anda.

4.  Cocok untuk Berbagai Jenis Kulit

Bila beberapa jenis kain dibuat khusus untuk tipe-tipe kulit tertentu, wol ini sifatnya lebih umum. Ia bisa digunakan untuk jenis kulit orang berbagai usia. Bahkan, bayi yang umumnya memiliki kulit sensitif juga bisa mengenakan pakaian berbahan wol lho. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa kain satu ini benar-benar terbuat dari bahan alami dan minim bahan kimia. Alhasil, kulit apapun akan nyaman dengan bahan wol karena ia tidak membuat alergi di kulit.

5.  Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Sinar UV yang mengenai kulit secara berlebihan dapat memicu aktifnya sel kanker kulit. Karena itu, menggunakan pakaian dari kain wol sangatlah cocok ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Sebab, wol memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet bila dibandingkan dengan kain katun yang sama-sama terbuat dari bahan alami.

Kekurangan Kain Wol yang Bisa Jadi Pertimbangan

 

1.  Noda Baju Susah Dibersihkan

Sebaik apapun kualitas baju yang Anda miliki, bila tidak dijaga dan dirawat dengan baik, lama kelamaan pasti akan rusak juga. Hal ini juga berlaku untuk pakaian bahan wol. Bahan satu ini memang sangat mewah. Namun sekalinya terkena noda, ia tidak akan mudah dibersihkan. Terlebih bentuk fisik kainnya yang tebal tentu akan membuat kain wool tidak bisa kering dalam waktu cepat. Karena itu, pastikan untuk selalu menjaga sikap ketika mengenakannya agar baju wool Anda bebas dari noda.

2.  Kurang Cocok untuk Iklim Indonesia

Indonesia adalah negara tropis di mana dalam satu tahun sering kali lebih banyak terasa panas dari pada dinginnya. Karena itu, menggunakan wool dengan komposisi asli 100% sebagai bahan pakaian rasanya kurang tepat. Sebab, bisa jadi Anda hanya menyimpan baju wool tersebut tanpa bisa mendapatkan momen yang tepat untuk mengenakannya di Indonesia.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, para fashion desainer sudah membuat komposisi wol yang tepat digunakan di daerah tropis. Salah satunya adalah meracik bahan wol dengan tambahan bahan-bahan lain yang bersifat mendinginkan kulit seperti katun dan sutra. Untuk kain wol dengan komposisi semacam ini, biasanya digunakan di Indonesia sebagai bahan dasar untuk membuat tuxedo atau pakaian pernikahan.

3.  Kainnya Berat

Mengingat kain wool ini tebal, ketika dicuci pasti akan terasa berat. Bila ingin mencucinya menggunakan mesin cuci memang tidak akan terasa. Namun Anda harus tahu bahwa tidak semua pakaian berbahan wool dapat dicuci dengan mesin cuci. Terlebih bila baju tersebut memiliki style yang berumbai atau berbulu tebal di bagian luarnya. Bila dicuci dengan mesin, bisa jadi baju tersebut akan malah rusak.

Nikitacollection.com | Grosir Atasan Jogja | Gorsir Baju Murah | Distributor Baju Murah | Nikita Collection Grosir Baju Murah Jogja merupakan penyedia jasa penjualan pakaian atau fashion untuk wanita seperti gamis, tunik, dress, blouse, dll dengan harga relatif lebih murah tetapi tidak murahan. Minat Hubungi kami KLIK DISINI | WA : 0878-0838-8885 | Email : kartiwihardjo1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *