Artikel

Jenis – Jenis Kain Satin

Posted On Maret 22, 2019 at 3:56 am by / No Comments

Jenis – Jenis Kain Satin

Jenis – Jenis Kain Satin – Di Indonesia jenis kain sangat beragam, mulai dari kain yang berkualitas buruk, sedang, hingga baik.Salah satu jenis kainnya adalah kain satin, kain ini biasanya digunakan untuk membuat jilbab maupun baju. Dari masing – masing pakaian yang dibuat pasti akan memilih beberapa jenis kain yang baik dan berkualitas. Berikut ini beberpa jenis kain satin.

 

 

1. Kain Satin Velvet

Kain satin velvet merupakan jenis kain satin dari bahan polyester yang memiliki permukaan lembut dan cenderung jatuh. Tekstur pada kain satin velvet pada umumnya terbilang cukup halus dan sedikit lebih tebal, jika dibandingkan dengan bahan satin biasa. Karena kain ini lebih tebal, maka kainnya jadi lebih stabil dan tidak mudah berubah bentuk ketika dikenakan. Satin velvet ini tidak panas ketika dipakai. Daripada jenis kain satin lainnya, kain satin velvet lebih terkesan doff. Kain ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Inilah salah satu jenis kain satin yang cocok digunakan untuk jilbab.

2. Kain Satin Silk (Satin Sutera)

Kain Satin Silk sangat baik digunakan sebagai bahan pasmina dan kerudung segiempat. Bahan ini adem dan lembut saat dipegang. Pilihan warnanya pun banyak, tidak mengkilap tapi  dove, sehingga sangat menambah kecantikan pemakainya. Karakteristik kain satin silk ini lembut tipis dan adem, cocok untuk kerudung ,gamis,busana kebaya modern.

3. Kain Satin Kahatex

Kain satin kahatex agak kaku dan tebal, beberapa kegunaanya adalah untuk dekorasi furniture atau untuk hiasan, dan untuk pelengkap ruangan. Jenis satin ini  warnanya terang mengkilap, licin, tebal dan kaku, tidak cocok jika digunakan untuk bahan pakaian atau busana tetapi bisa digunakan untuk variasi dan kerajinan pernak pernik.

4. Kain Satin Roberto Cavalli

Kain satin Roberto cavalli adalah kain satin yang dimanfaatkan untuk membuat baju tidur wanita, gamis, dan gaun pesta. Kain satin yang satu ini memiliki harga jual yang lebih mahal dibanding dengan kain satin velvet maupun satin silk. Tetapi serat pada kain satin roberto cavalli pada dasarnya cenderung lebih halus, lebih lembut, tidak terlalu mengkilap.  Disamping itu kain satin roberto cavalli juga dikenal lebih menyerap keringat sehingga akan terasa sangat nyaman saat digunakan di negara tropis.

5. Kain Satin Clarisa ( Horden )

Kain satin clarisa mempunyai karakter sedikit lemas, meskipun kebanyakan dipakai hordeng atau bahan kelambu pesta atau bahan kelambu untuk dekorasi pesta banyak juga untuk rok bawahan dan variasi kebaya modern. Kain Satin yang satu ini banyak disukai pengusaha konveksi karena murah sebagai bahan produksi.

6. Kain Satin Duchesse atau Satin Bridal

Kain satin jenis duchesse bagus digunakan untuk gaun. Kata Duchesse merupakan bahasa perancis yang berarti bangsawan, beberapa juga ada yang menyebut dengan istilah satin bridal, karakteristiknya sedikit berat, kaku dan mengkilap.

7. Kain Satin Faconne atau Jacquard

Ciri khusus dari Kain Satin Faconne atau jacquard satin adalah memiliki motif, ada yang bermotif garis-garis, paisley, atau desain lainnya. Jenis ini memiliki berat dan kualitas yang beragam, lebih lembut dan tidak sekaku jenis duchesse. Serta memiliki pemanfaatan yang beragam baik untuk baju dan yang lainnya.

8. Kain Satin Slipper

Kain Satin Slipper memang cukup unik, umumnya digunakan sebagai bahan baku membuat sepatu. Bila anda pernah mengenakan atau melihat sepatu balet, kebanyakan juga terbuat dari jenis ini. kelebihannya dapat dicelup.

9. Kain Satin Delustered

Kain ini mempunyai nama perancis yaitu “peau de soie” atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan dengan kulit sutra. Bila dibandingkan dengan jenis lain mungkin ini yang paling berbeda, selain ringan ternyata jenis ini ternyata tidak terlalu berkilau seperti satin pada umumnya. Memiliki ciri bahan yang cukup ringan, dan umumnya kain mengkilap pada kedua sisi bahan.

10. Kain Satin Cloth

Jenis ini memiliki nama lain “satin de laine” atau bila di artikan dalam bahasa indonesia berarti satin wol. Jenis kain ini di proses dengan wol perancis dan ditenun dengan teknik satin. Sangat populer untuk bahan gaun dan blus. Kain satin cloth pada sisi luar kain terasa lebih halus, terkenal karena bahannya kuat dan awet, Bahan tampak mengkilap dan bercahaya

Nikitacollection.com | Grosir Atasan Jogja | Gorsir Baju Murah | Distributor Baju Murah | Nikita Collection Grosir Baju Murah Jogja merupakan penyedia jasa penjualan pakaian atau fashion untuk wanita seperti gamis, tunik, dress, blouse, dll dengan harga relatif lebih murah tetapi tidak murahan. Minat Hubungi kami KLIK DISINI | WA : 0878-0838-8885 | Email : kartiwihardjo1@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *